Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Perencanaan Spasial

  




  Pembahasan kali ini berkaitan dengan pengantar perencanaan yang ditinjau dari skala spasial, yakni Perencanaan Wilayah dan Kota yang telah berkembang sebagai suatu disiplin ilmu. Adapun definisi dari perencanaan dikutip dari beberapa sumber:
  • Perencanaan adalah suatu cara bagaimana mencapai tujuan sebaik-baiknya dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
  • Perencanaan sebagai suatu general activity adalah penyusunan rangkaian tindakan secara secara berurutan yang akan mengarah pada pencapaian  tujuan tertentu. (Peter Hall, 1992)
  • Perencanaan adalah suatu proses yang menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. (UU No 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional)
  • Perencanaan dalam arti seluas-luasnya adalah suatu proses mempersiapkan secara sistematis kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu; cara bagaimana mencapai tujuan sebaik-baiknya dengan sumber-sumber yang ada supaya lebih efisien dan efektif; penentuan tujuan yang akan dicapai atau yang akan dilakukan, bagaimana, bilamana dan oleh siapa (Tjokroamidjojo, 1977)
    Secara umum berdasarkan pemaparan beberapa definisi dari perencanaan yang telah dijabarkan diatas terdapat dua unsur yang dikandung dari definisi perencanaan tersebut. kedua unsur tersebut adalah unsur hal yang ingin dicapai dan unsur cara untuk mencapainya. Terkait dengan kedua unsur tersebut, dalam proses perencanaan terdapat beberapa nomenklatur yang seringkali dipergunakan secara bersama-sama ketika dalam pembahasan perencanaan. nomenklatur tersebut antara lain visi misi, sasaran, strategi, kebijkan, aktivitas dan lain sebagainya. (Rustiadi, E. et al. 2009).
    Definisi yang telah dipaparkan diatas, setidaknya memuat 4 unsur dasar dalam perencanaan (Conyer and Hill, 1984) yaitu:
  1. Merencana berarti memilih
  2. Perencanaan sebagai alat untuk mengalokasikan sumberdaya
  3. Perencanaan sebagai alat untuk mencapai tujuan
  4. Perencanaan adalah untuk masa datang.

Posting Komentar untuk "Definisi Perencanaan Spasial"