Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bencana Abrasi

Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Selain itu Abrasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu proses perubahan bentuk pantai atau erosi pantai yang disebabkan oleh gelombang laut, arus laut dan pasang surut laut. Abrasi yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan.

a.         Penyebab Bencana

Abrasi dapat disebabkan oleh faktor alam dan atau faktor manusia. Proses terjadinya abrasi karena faktor alam disebabkan oleh angin yang bertiup di atas lautan yang menimbulkan gelombang dan arus laut mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Gelombang yang sampai ke pantai akan menyebabkan getaran pada tanah dan batu yang lama-kelamaan akan terlepas dari daratan.

Selain faktor alam, abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya  penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan banyak terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya karena terkurasnya pasir laut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai.

b.         Karakteristik Bencana



Gambar Proses Terjadinya Abrasi di Pantai

(Sumber: http://www.irwantoshut.net/abrasi.html)

 

Gambar di atas menunjukkan skema arah gelombang laut yang mengikis pantai. Abrasi terjadi ketika angin yang bergerak di laut menimbulkan gelombang dan arus menuju pantai. Arus dan angin tersebut lama kelamaan menggerus pinggir pantai. Gelombang di sepanjang pantai menggetarkan tanah seperti gempa kecil. Kekuatan gelombang terbesar terjadi pada waktu terjadi badai sehingga dapat mempercepat terjadinya proses abrasi.


c.         Wilayah yang Rentan Terhadap Bencana

Wilayah yang rentan dengan bencana abrasi yaitu daerah pesisir pantai yang tidak terdapat infrastruktur pemecah ombak maupun vegetasi di sepanjang pesisir pantai yang berfungsi sebagai pengendali gelombang yang menuju ke tepi pantai.

d.         Dampak yang Ditimbulkan
Dampak negatif yang diakibatkan oleh abrasi antara lain:
  •  Penyusutan lebar pantai sehingga menyempitnya lahan bagi penduduk yang tinggal di pinggir pantai
  • Kerusakan hutan bakau di sepanjang pantai, karena terpaan ombak yang didorong angin kencang begitu besar.
  • Kehilangan tempat berkumpulnya ikan ikan perairan pantai karena terkikisnya hutan bakau
  • Merusak infrastruktur yang di bangun di tepi pantai.

Posting Komentar untuk "Bencana Abrasi"