Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan dengan Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota


   
 Keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota kerap disebut sebagai Arsitektur Kota, walaupun sebetulnya jauh dari Keilmuan yang lebih pada gambar bangunan atau site dan sebagainya. ilmu ini juga kerap disamakan dengan keilmuan geografi karna Pemetaan juga merupakan salah satu inti dari keilmuan ini. kerap juga disamakan dengan ilmu sosial dan ekonomi karna harus mempelajari kondisi sosial masyarakat dan kondisi perekonomian suatu wilayah atau daerah. lantas, apa sih sebenarnya keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota itu?
    Ilmu perencanaan wilayah dan kota dibutuhkan dalam suatu perencanaan wilayah, kawasan maupun perkotaan. ilmu ini sangat saling berhubungan antara aspek yang satu dengan aspek yang lain serta memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi. Dalam perencanaan suatu wilayah, terdapat 2 kemungkinan untuk melakukan perencanaan pembangunan, yaitu pertama perencanaan dengan mempertimbangkan daya dukung lahan dan lingkungan dan yang kedua melakukan perencanaan secara besar-besaran untuk memperoleh keuntungan tanpa mempertimbangkan kondisi lingkungan. Disinilah peranan ilmu Perencana Wilayah dan Kota sangat dibutuhkan sehingga perencanaan wilayah dapat menjadi terarah dan teratur.
    Perencanaan Wilayah dan Kota akan mengintegrasikan aspek fisik, lingkungan, sosial dan ekonomi dari suatu wilayah sehingga konektivitas antar aspek akan saling terhubung. contohnya, seperti akan merencanakan sebuah wilayah untuk menjadi kota atau pusat wilayah maka harus dilakukan analisis terhadap aspek fisik untuk tingkat kemampuan lahan terhadap pembangunan untuk melakukan pembagian wilayah dengan tetap mempertimbangkan keberlangsungan ekosistem lingkungan. di lain sisi, harus dilakukan analisis sosial untuk kebutuhan akan sarana dan prasarana yang akan dibutuhkan masyarakat. 

Posting Komentar untuk "Berkenalan dengan Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota"