Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanal Jongaya Kota Makassar

Kota Makassar memiliki 3 Kanal yang membelah Kota ini dengan panjang 15,11 km. Salah satu kanal tersebut adalah Kanal Jongaya. Kanal Jongaya memiliki panjang 7,83 km dan merupakan kanal terpanjang di Kota Makassar. 

Gambar Peta Kanal Jongaya Kota Makassar



Adapun Deskripsi dari kanal Jongayya berbeda-beda pada setiap titik yaitu:

Titik 1 yang terletak pada pasar pabaeng-baeng memiliki material kanal dari beton dengan kondisi air yang sangat keruh dan tercemar. kondisi sekitar kanal berupa stand-stand pedagang kaki lima dengan aktivitas pagi, siang dan malam yaitu orang berjualan. fungsi kanal pada titik ini adalah Pembuangan sampah dari Pasar, Air limbah & drainase. prasarana yang tersedia sekitar kanal adalah jalan berupa perkerasan beton. Aktivitas sosial sekitar kanal adalah sebagai tempat berkumpul.


Gambar Kondisi Kanal Jongayya di Pasar Pabaeng-baeng

Titik 2 terletak pada Jln, Dg Ngepe dengan material kanal berupa beton dengan kondisi air sangat keruh dan tercemar serta bercampur dengan sampah. aktivitas yang berada pada titik ini yaitu, pada pagi hari Aktivitas orang bekerja dan anak sekolah, pada siang hari tidak terdapat aktivitas warga sedangkan pada malam hari dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat berkumpul. kanal pada titik ini difungsikan warga sebagai tempat Pembuangan sampah & pembuangan limbah pada drainase. prasarana yang berada di sekitar kanal adalah jalan berupa perkerasan beton.


Gambar Kondisi Kanal Jongayya di Jln Dg Ngepe

Titik 3 terletak pada Jln, Tanggul Patompo dengan material kanal berupa beton dengan kondisi air sangat keruh dan tercemar serta bercampur dengan sampah. kondisi bangunan pada titik ini yang berada di sekitar kanal sangat rapat dan berhimpitan. aktivitas yang berada pada titik ini yaitu sama seperti titik 2, pada pagi hari Aktivitas orang bekerja dan anak sekolah, pada siang hari tidak terdapat aktivitas warga sedangkan pada malam hari dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat berkumpul. kanal pada titik ini difungsikan warga sebagai tempat Pembuangan sampah & pembuangan limbah pada drainase. prasarana yang berada di sekitar kanal adalah jalan berupa perkerasan beton.


Gambar Kondisi Kanal Jongayya di Jln Tanggul Patompo


Titik 4 terletak di jembatan merah dengan material kanal berupa beton dengan kondisi air sangat keruh dan tercemar serta bercampur dengan sampah. kondisi bangunan pada titik ini yang berada di sekitar kanal sangat rapat dan berhimpitan. aktivitas yang berada pada titik ini yaitu sama seperti titik 2 dan 3, pada pagi hari Aktivitas orang bekerja dan anak sekolah, pada siang hari tidak terdapat aktivitas warga sedangkan pada malam hari dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat berkumpul. kanal pada titik ini difungsikan warga sebagai tempat Pembuangan sampah & pembuangan limbah pada drainase. prasarana yang berada di sekitar kanal adalah jalan berupa perkerasan beton.


Gambar Kondisi Kanal Jongayya di Jembatan Merah

Titik 5 terletak di Kampus AMI dengan material kanal berupa beton dengan kondisi air sangat keruh dan tercemar serta bercampur dengan sampah. kondisi bangunan pada titik ini yang berada di sekitar kanal sangat rapat dan berhimpitan. aktivitas yang berada pada titik ini yaitu pada pagi hari dan malam hari sebagai pasar sedangkan pada siang hari tidak terdapat aktivitas apapun. kanal pada titik ini difungsikan warga sebagai tempat Pembuangan sampah & pembuangan limbah serta dermaga. prasarana yang berada di sekitar kanal adalah jalan berupa jalan raya aspal dan setapak paving blok.


Gambar Kondisi Kanal Jongayya di depan Kampus AMI

Posting Komentar untuk "Kanal Jongaya Kota Makassar"