Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanal Panampu Kota Makassar

Kota Makassar memilikki beberapa kanal yang melintang di dalam Kota. salah satu kanal tersebut adalah Kanal Panampu. Kanal Panampu memiliki panjang kurang lebih 4,92 km yang bermuara pada kawasan pelabuhan Potere sebelah utara kota.


Titik 1, terletak di Panampu dan merupakan muara dari kanal ini. Badan kanal telah terbuat dari konstruksi beton dengan kondisi air yang keruh, tercemar dan terdapat sampah serta berbau. kondisi bangunan di sekitar kanal pada titik ini Berupa rumah-rumah toko (ruko) yang menjual berbagai barang rumah tangga. Terdapat juga lapak-lapak pasar untuk menjual sayuran dan keperluan sehari-hari. aktivitas sekitar kanal pada pagi hari cukup ramai oleh kegiatan perdagangan dan nelayan yang membongkar-muat barang ke atas perahu, aktivitas siang hari cukup ramai oleh aktivitas bongkar muat barang dari dan ke pulau-pulau spermonde sedangkan pada malam hari tidak terdapat aktivitas. pada titik ini, kanal di manfaatkan  masyarakat setempat sebagai Dermaga bongkar muat barang seperti keperluan rumah tangga, serta ikan yang diangkut oleh nelayan. Muara kanal pannampu merupakan simpul penghubung antara pulau-pulau spermonde dan kota Makassar yang penting. kondisi prasarana yang berada di sekitar kanal pada titik ini yaitu tersedia cukup prasarana, seperti jalan inspeksi kanal, listrik/ penerangan. Sementara untuk fasilitas dermaga belum begitu memadai. kondisi sosial di sekitarnya cukup ramai oleh aktivitas bongkar muat barang, perdagangan, dan aktivitas nelayan yang menyandarkan perahunya di sisi-sisi kanal.


Gambar Muara Kanal Panampu Kota Makassar

Titik 2, terletak di sekitar Reformasi Tol. Pada badan kanal Terdapat pintu air dan terbuat dari konstruksi beton. kondisi air sangat keruh, tercemar dan berbau serta terdapat endapan lumpur dan sampah dengan ketinggian 1,20 m dari jalan inspeksi. kondisi sekitar kanal pada titik ini didominasi oleh rumah-rumah dari perkampungan penduduk. Aktivitas yang berada di sekitar kanal hanya terlihat pada pagi hari dan siang hari. Dimana pada pagi hari aktivitas cukup ramai oleh aktivitas pagi hari warga, dan anak-anak yang berangkat ke sekolah sedangkan pada siang hari dan malam hari sunyi, hanya terlihat kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di sekitar jalan inspeksi kanal. kondisi sekitar kanal terdapat pintu air yang berfungsi untuk mengontrol volume air kanal. Serta terdapat konstruksi penangkap sampah. Prasarana yang dimiliki cukup baik dimana terdapat jalan inspeksi kanal dengan lebar yang memadai, serta fasilitas lingkungan permukiman berupa bak sampah komunal. kondisi sosial pada titik ini di sekitar kanal cukup sunyi jarang terlihat aktivitas masyarakat sekitar di luar rumah.


Gambar Kanal Panampu Sekitar Tol Reformasi Kota Makassar

Titik 3,  terletak di Tinumbu. Pada badan kanal terbuat dari konstruksi beton. kondisi air sangat keruh, tercemar dan berbau serta terdapat endapan lumpur dan sampah. Kondisi sekitar kanal pada titik ini didominasi oleh permukiman padat. Aktivitas yang berada di sekitar kanal seperti pada titik 2 hanya terlihat pada pagi hari dan siang hari. Dimana pada pagi hari aktivitas cukup ramai oleh aktivitas pagi hari warga, dan anak-anak yang berangkat ke sekolah sedangkan pada siang hari dan malam hari sunyi, hanya terlihat kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di sekitar jalan inspeksi kanal. kondisi sekitar kanal dimanfaatkan masyarakat sebagai muara saluran pembuangan dari rumah-rumah penduduk. Prasarana yang dimiliki Salah satu jalan inspeksi kanal tidak berfungsi maksimal karena terdapat lapak/warung yang mempersempit jalan, sementara jalan inspeksi lainnya berfungsi dengan baik. kondisi sosial pada titik ini di sekitar kanal cukup ramai oleh aktivitas warga dari permukiman sekitar kanal.


    Gambar Kanal Panampu di Tinumbu

Titik 4, Kanal Panampu di Masjid Al Markaz. Pada badan kanal terbuat dari konstruksi beton. kondisi air sangat keruh, tercemar dan berbau serta terdapat endapan lumpur yang sangat tebal dan sampah.  kawasan perumahan di sekitar kanal terletak cukup jauh dari kanal. Aktivitas yang berada di sekitar kanal pada pagi hari aktivitas Cukup ramai oleh kegiatan orang-orang yang keluar untuk mencari nafkah dan anak-anak yang pergi sekolah, pada siang hari ukup sunyi, hanya ada beberapa kegiatan anak-anak di sekitar tanah lapang di samping kanal sedangkan pada malam hari cukup sunyi. Selain kegiatan beribadah di masjid al markaz, hanya diisi oleh kendaraan yang berlalu-lalang. kondisi sekitar kanal dimanfaatkan masyarakat untuk Cukup baik, dilengkapi dengan jalan inspeksi yang memadai, serta ruang terbuka hijau di sisi kanal. Kondisi sosial pada titik ini di sekitar kanal didominasi oleh kegiatan di masjid raya.


Gambar Kanal Panampu di Masjid Al Markaz


Titik 5, terletak di di Pasar Terong. Pada badan kanal terbuat dari konstruksi beton, diselingi oleh jembatan-jembatan kayu yang menghubungkan permukiman dan pasar terong. Kondisi air kanal sangat kotor karena dikelilingi oleh aktivitas di pasar. terdapat aktivitas yang berbeda sekitar titik ini pada setiap waktunya. aktivitas pada pagi hari ramai oleh aktivitas pasar terong dan orang-orang yang berangkat kerja/sekolah, pada siang hari Ramai oleh aktivitas pasar terong sedangkan malam hari Cukup sunyi, hanya kendaraan yang berlalu lalang. kanal pada titik ini dimanfaatkan sebagai muara saluran pembuangan dari permukiman warga dan dari pasar. Keberadaan salah satu jalan inspeksi tidak dapat digunakan pada siang hari sebab di gunakan untuk lapak pedagang pasar, sementara jalan inspeksi yang lain masih berfungsi dengan baik. kondisi sosial sangat ramai dan beragam, sebab didominasi oleh aktivitas pasar dan permukiman padat.


Gambar Kanal Panampu di Pasar Terong


Titik 6, terletak di Rappocini. pada titik ini merupakan pertemuan kanal jongaya-pannampu-sinrijala. material badan kanal terbuat dari konstruksi beton dan terdapat 2 pintu air. Kondisi air tidak begitu kotor dibandingkan bagian kanal sebelumnya. bagian sekitar kanal didomiasi oleh kawasan permukiman. Aktivitas pada pagi hari cukup ramai oleh kegiatan orang-orang yang keluar untuk mencari nafkah dan anak-anak yang pergi sekolah, pada siang hari Anak-anak bermain dan kendaraan berlalu lalang sedangkan pada malam hari cukup sunyi tanpa aktivitas yang mendominasi. pada titik ini, kanal dimanfaatkan Sebagai muara saluran pembuangan dari rumah-rumah penduduk. kondisi prasarana di sekitarnya cukup baik, dilengkapi dengan jalan inspeksi yang memadai, serta pepohonan di sisi kanal. kondisi sosial cukup sunyi jarang terlihat aktivitas masyarakat sekitar di luar rumah.



Gambar Kanal Panampu di Rappocini











Posting Komentar untuk "Kanal Panampu Kota Makassar"