Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Kecamatan Tagulandang Kab. Sitaro

 Secara Geografis, Kecamatan Tagulandang terletak pada 2°18’16” 2°22’30” lintang utara dan 125°20’40” 125°25’8” bujur timur. Ibu kota kecamatan Tagulandang adalah Buhias yang terletak di kelurahan Bahoi.

Kecamatan Tagulandang merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki batas-batas administratif yaitu di sebelah Utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Tagulandang Utara, sebelah timur berbatasan langsung dengan Laut Maluku, di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Selat Biaro, dan sebelah barat berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi.

Kecamatan Tagulandang terdiri dari 15 Desa. Desa yang paling jauh jaraknya dari ibukota kecamatan adalah Desa Laingpatehi yang berjarak kurang lebih 11 km. Desa ini memiliki luas wilayah 9,48 km2 atau 17,07 persen dari seluruh luas Kecamatan Tagulandang. Sedangkan Kelurahan Bahoi yang menjadi ibukota Kecamatan Tagulandang memiliki luas wilayah 4,74 km2 atau 8,54 persen dari luas keseluruhan.

Kecamatan Tagulandang memiliki satu gunung yang berstatus masih aktif, yaitu Gunung Ruang. Gunung ini bertipe stratovolcano, terletak di sebelah Barat pulau Tagulandang. Terdapat dua perkampungan di Pulau Ruang, yaitu Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente. Kecamatan Tagulandang juga mempunyai satu pulau yang tidak berpenghuni yaitu pulau Pasige yang terkenal dengan hasil perikanan lautnya.

Kecamatan Tagulandang terletak antara 2018’16” Lintang Utara dan 125020’40”. Kecamatan Tagulandang berbatasan langsung dengan:

    Sebelah Utara            Kecamatan Tagulandang Utara

    Sebelah Timur           Laut Maluku

    Sebelah Selatan         : Selat Biaro

    Sebelah Barat            : Laut Sulawesi



Posting Komentar untuk "Profil Kecamatan Tagulandang Kab. Sitaro"