Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Penyusunan Feasibility Study Rumah Sakit

    Berdasarkan Pedoman Penyusunanan Studi Kelayakan Rumah Sakit, studi kelayakan merupakan salah satu tahapan yang cukup penting dari rangkaian pelaksanaan kegiatan. Studi Kelayakan ini semakin dirasakan penting dimana sumber daya alam, sumber daya manusia (SDM) maupun dana semakin terbatas. Pada awalnya, studi kelayakan dilakukan atas permintaan penyandang dana, donatur atau investor. Aspek yang dikajipun hanya aspek finansial saja, namun semakin tingginya kesadaran akan aspek teknis, lingkungan maupun keadilan (equity), maka aspek yang dikaji makin komprehensif bahwa studi kelayakan proyek pada dasarnya diperlukan sebagai alat bantu bagi proses pengambilan keputusan.
    Maksud dari studi kelayakan proyek ialah untuk mengkaji tingkat kelayakan suatu proyek yang akan dilaksanakan, dilakukan agar sumber daya yang terbatas dapat dialokasikan secara efisien dan efektif. Adapun tujuannya adalah dengan terbatasnya sumber–sumber daya yang tersedia pemilihan antara berbagai macam proyek dapat dilakukan, sehingga hanya proyek–proyek yang benar–benar layak saja yang terpilih, sehingga pengalokasian sumber daya dapat dilakukan pada proyek–proyek yang mempunyai tingkat kelayakan yang tinggi. Bahwa kesalahan dalam memilih proyek dapat mengakibatkan pengorbanan dari pada sumber daya yang makin langka dan terbatas, sehingga alokasi sumber daya dapat ditempatkan pada proyek yang mendatangkan kemanfaatan paling tinggi dan kerugian paling kecil. Studi kelayakan proyek adalah suatu kegiatan penelitian atau studi yang dilakukan secara komprehensif dari berbagai aspek dalam usaha mengkaji tingkat kelayakan dari suatu proyek. Kegiatan penelitian ini merupakan salah satu tahapan awal dari serangkaian kegiatan pelaksanaan proyek. Hasil dari suatu studi kelayakan adalah rekomendasi mengenai perlu tidaknya proyek yang dikaji untuk dilanjutkan pada tahap yang lebih lanjut. Rencana membangun atau mengembangkan suatu Rumah Sakit akan dilakukan setelah mengetahui jenis layanan kesehatan rumah sakit serta kapasitas tempat tidur (TT) yang akan dilakukan dan disediakan untuk masyarakat sesuai dengan Hasil Kajian Studi Kelayakan (Feasibility Study). 
    Dalam mendirikan atau mengembangkan rumah sakit diperlukan suatu proses atau langkah-langkah yang sistematis dengan melakukan suatu penelitian atau studi yang benar, karena setiap proses saling berkaitan satu sama lainnya dan dilakukan secara bertahap. Studi Kelayakan (Feasibility Study) adalah hasil analisis dan penjelasan kelayakan dari segala aspek yang akan mendasari pendirian atau pengembangan suatu Rumah Sakit, terkait dengan penentuan Rencana Kerja Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit yang baru akan dilakukan maupun lanjutan dari yang sudah ada dalam melakukan rencana pengembangan atau peningkatan kelas dari suatu Rumah Sakit. Dari kondisi Laju Pertumbuhan Demografi, Pengembangan Pembangunan dan Peningkatan Kehidupan di suatu wilayah, Pola Penyakit dan Epidemiologi, dan lain-lain, dapat dipahami bahwa suatu Rumah Sakit itu secara relatif akan berada di daerah Urban atau Semi-Urban. Dimana hal ini pula yang dapat menentukan bahwa Sarana dan Prasarana suatu Rumah Sakit akan berbeda sesuai dengan Layanan Kesehatan Rumah Sakit yang akan diberikannya kepada masyarakat dimana Rumah Sakit tersebut berada. Alur tahapan penyusunan Feasibilty Study rumah sakit dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 




    Studi Kelayakan (Feasibility Study) Rumah Sakit ini dimaksudkan agar dalam mendirikan atau mengembangkan rumah sakit dapat mendeterminasi fungsi layanan yang tepat dan terintegrasi sehingga sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang diinginkan (health needs), kebudayaan daerah setempat (cultures), kondisi alam daerah setempat (climate), lahan yang tersedia (sites) dan kondisi keuangan manajemen RS (budget). Adapun tahapan analisis dalam penyusunan Studi Kelayakan Rumah Sakit:
  • Analisis Situasi
  • Analisis Permintaan
  • Analisis Kebutuhan
  • Analisis Keuangan

Posting Komentar untuk "Pedoman Penyusunan Feasibility Study Rumah Sakit"