Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Perencanaan dan Perancangan

    Dalam Suatu konsep perencanaan wilayah dan kota tentunya tidak akan merasa asing dalam kata Perencanaan dan Perancangan serta kerap di samakan. Lantas apa sebenar perbedaan yang paling signifikan dari kedua kata ini?

    Kata Perencanaan dan Perancangan memiliki makna yang berbeda namun saling berkaitan dalam perencanaan wilayah dan kota. Perencanaan dalam bahasa Inggris berarti planning menurut Wiliam A Shrode Tahun (1974) yang mengartikan bahwa Perencanaan merupakan suatu sarana yang dapat mentransformasikan persepsi-persepsi terkait kondisi lingkungan ke dalam rencana sehingga dapa terlaksana secara teratur. Sedangkan Perancangan menurut John Wade (1997) menyatakan bahwa Perancangan adalah usulan pokok yang mengubah sesuatu menjadi lebih baik dengan melalui 3 proses yang menjadi tahapannya yaitu mengidentifikasikan permasalahan, mengidentifikasikan metode dalam penyelesaian permasalahan serta pelaksanaan pemecahan permasalahan.

Dalam suatu proses perencanaan wilayah maka terdapat beberapa tahapan yaitu:

  • Pengumpulan Data
  • Analisis atau Peramalan
  • Strategi Pencapaian
  • Konsep/Tujuan Hasil Perencanaan

    Berdasarkan definisi dan proses yang dijabarkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Perencanaan merupakan hasil akhir berupa Konsep/Tujuan hasil Perencanaan sedangkan Perancangan melingkupi detail pencapaian konsep atau tujuan akhir yaitu identifikasi permasalahan sebagai pertimbangan dalam pengambilan data, kemudian melakukan analisis terkait permasalahan dan data yang tersedia sehingga menciptakan strategi pencapaian sebagai bagian dalam pemecahan masalah.







Posting Komentar untuk "Perbedaan Perencanaan dan Perancangan"