Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandara Internasional Kulon Progo

    Bandar Udara Internasional Kulon Progo merupakan bandara yang diresmikan pada 28 Agustus 2020. Bandara ini berada di di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Bandara Internasional Yogyakarta yang berada di Kulon Progo yang dibangun di atas lahan seluas 587 hektare ini pada tahap I (2020-2031) akan memiliki terminal seluas 130 ribu meter persegi berkapasitas hingga 15 juta penumpang per tahun, dengan runway sepanjang 3.250 meter, dan apron berkapasitas 35 pesawat. Berikut kondisi detail saat ini dari bandara Kulon Progo.

Runway Bandara

    Dalam pidato presiden dijabarkan bahwa dengan Bandara Internasional Adisucipto yang memiliki panjang landas pacu (runway) 2.200 meter, sedangkan Kulon Progo memiliki landas pacu (runway) yang jauh lebih panjang yakni 3.250 meter sehingga bandara ini dapat didarati oleh pesawat besar seperti Airbus A380 dan Boeing 777 serta pesawat-pesawat besar lainnya.

Citra Udara Runway Bandar Udara Kulon Progo

Interior Bandara

    Bandara Kulon Progo memiliki luas terminal mencapai 219 ribu meter persegi, dan lebih luas jika dibandingkan dengan terminal Bandara Internasional Adisucipto yang hanya memiliki luas 17 ribu meter persegi. Kapasitas penumpang bandara baru pun jauh lebih banyak, yakni 20 juta penumpang per tahun dibandingkan dengan Bandara Internasional Adisucipto yang hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

    Letak bandara yang berada dekat samudra Samudra Hindia menyebabkan Bandara  ini didesain dengan memiliki daya tahan terhadap bencana gempa bumi hingga 8,8 magnitudo dan, gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

    Interior bandara ini sangat unik dimana temanya menggunakan kearifan lokal yang kental dengan nuansa jawa.

 

 

    Lokasi pengambilan bagasi di bandara ini sangat menarik dan unik. koper yang biasanya di bandara lain berjalan tanpa keranjang pengalas yang melindungi tas atau koper, dibandara ini tersedia dengan rapi. hal ini tentunya menambah nilai tersendiri bagi bandara ini yang menyiapkan jasa dengan sangat matang dan perfect.

 


Transportasi
Moda Transportasi yang dimaksud disini adalah aksebilitas untuk mendapatkan kendaraan umum sangat mudah untuk dijangkau sehingga keberadaan lokasi bandara yang berada jauh dari pusat Kota Yogyakarta tidak menjadi kendala. Moda Transportasi umum yang tersedia adalah kereta api dan bus. tersedia pula angkutan online yang semakin mempermudah sirkulasi pergerakan manusia.
 


Posting Komentar untuk "Bandara Internasional Kulon Progo"