Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RSUD Labuang Baji

Gambar RSUD Labuang Baji


    Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji terletak di bagian selatan Kecamatan Mamajang Kota Makassar tepatnya di Jalan Dr. Ratulangi No. 81 Makassar. Adapun batas-batas geografis RSUD Labuang Baji adalah sebagai berikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan Jalan Landak Lama
  • Sebelah timur berbatasan dengan Jalan Tupai
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Perumahan 
  • Sebelah barat berbatasan dengan Jalan Dr. Ratulang

    RSUD Labuang Baji (RSUDLB) Makassar adalah salah satu bangunan rumah sakit tertua dan bersejarah di Sulawesi Selatan yang berdiri sejak tahun 1938 oleh Zending Gereja Gennnoformaf Surabaya, Malang dan Semarang. RSUDLB menjadi saksi bisu dari Perang Dunia II yang terjadi di Indonesia, terutama di wilayah Sulawesi Selatan. Berawal dari kapasitas 25 tempat tidur di tahun 1938, kemudian ditambah menjadi 170 tempat tidur di tahun 1946.

    Pada tahun 1955 RSUDLB mengalami perkembangan kapasitas menjadi 190 tempat tidur dengan mendapat dana bantuan dari Pemerintah Daerah Makassar, secara resmi pada tahun 1960 RSUDLB diserahkan kepada Pemerintah Tingkat I Provinsi Sulawesi Selatan. Sisa bangunan bersejarah masih terdapat di dalam kompleks RSUDLB, yaitu bangunan yang berada di sisi Barat Kompleks yang berfungsi sebagai bangunan kebidanan RSUDLB saat ini.

    Seiring perkembangannya RSUDLB mengalami serangkaian akreditasi dimulai dari Tahun 1996 dimana PEMDA Prov. Sulawesi Selatan melalui PERDA No. 2 Tahun 1996 meningkatkan akreditasi kelas C menjadi RS Kelas B dan ditetapkan menjadi Rumah Sakit Umum oleh PEMDA Provinsi Sulawesi Selatan di Tahun 2008 melalui PERDA No 9 Tahun 2008 terakhir pada tahun 2012, dimana Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan, RSUDLB terakreditasi menjadi 16 layanan.

Video Kondisi Rumah Sakit Labuang Baji



Posting Komentar untuk "RSUD Labuang Baji"