Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Kemacetan Kota Makassar



    Fenomena kemacetan yang terjadi di Kota Makassar pada umumnya terjadi pada umumnya pada pagi hari dan sore hari. hal ini bisa dilihat dari kecenderungan arah kemacetan pada lajur jalan besar/arteri yang berada di Kota Makassar.
  Gambar Ilustrasi Kemacetan Kota Makassar
     Hal ini tentu berkaitan dengan penggunaan lahan Kota Makassar dan sekitarnya dimana perumahan lebih cenderung berada di pinggiran atau luar Kota Makassar terutama permukiman elit seperti Perumahan Citraland yang berada di Jalan Hertasning perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar serta terdapat pula di Tallasa Kecamatan Tamalanrea yang cenderung berada di pinggiran Kota. Perumahan elit ini kemudian dapat menjadi patokan mengingat rata-rata penghuninya memiliki kendaraan pribadi. selain itu masih ada terdapat beberapa perumahan kelas menengah ke atas yang cenderung berada di pusat dan luar kota. 
    Fenomena ini seakan diingatkan kembali dengan teori struktur kota konsentris yang membagi kecenderungan pembagian fungsi kawasannya. Walaupun pusat Kota Makassar telah mengalami pelebaran sampai pada Kecamatan Panakukkang namun hal ini masih tetap menciptakan fenomena macet akibat padatnya sirkulasi pergerakan.


Gambar Ilustrasi Penggunaan Lahan di Makassar







Posting Komentar untuk "Fenomena Kemacetan Kota Makassar"