Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Distribusi Peti Kemas Pelabuhan Makassar

Proses Distribusi
Proses distribusi Peti Kemas dari terminal peti kemas melalui 4 tahap. Tahap tersebut adalah:
1) Kegiatan berlabuhnya kapal 
2) Handling FCL Perkegiatan 
3) Container Freight Stations 
4) Delivery Barang


Gambar Kegiatan Distribusi Peti Kemas 
Sumber: Pelindo IV

Permasalahan Distribusi
    Penyaluran logistik di Sulawesi Selatan menggunakan Truk atau Tronton. Hal ini dilakukan karena tidak terdapat alternatif lain dalam pemilihan moda untuk pengiriman. Aksesbilitas menuju pelabuhan Makassar dapat ditempuh melalui jalan tol maupun jalan biasa. Pengangkutan peti kemas dengan menggunakan truk memiliki keuntungan yaitu dapat dilakukan langsung Door To Door sedangkan kelemahannya yaitu kerap menimbulkan permasalah ketika terjadi pengangkutan.
Gambar Proses Door to Door
Sumber: http://oddangcadets-aipi.blogspot.co.id

    Berdasarkan tinjauan langsung dilapangan, terpantau sering terjadi kemacetan pada pagi hari pukul 08.00 – 10.00 sedangkan pada sore hari pukul 03.00 – 06.00 serta pada jadwal-jadwal tertentu saat kedatangan maupun keberangkatan kapal. Kondisi ini terjadi karena jumlah peti kemas yang diangkut oleh truk-truk yang masuk dan keluar pelabuhan sedangkan kapasitas jalan yang kecil dan bercampur dengan kendaran lain sehingga kerap menimbulkan kemacetan.
Gambar Kemacetan lalu lintas dari aktivitas distribusi peti kemas

    Selain kemacetan yang terjadi, akibat dari pengangkutan dengan truk yang melintas di jalan mengakibatkan kerusakan jalan. Hal ini dapat di temui di jalan yang biasa dilalui oleh truk-truk tersebut di sekitar jalan Toll Kota Makassar dan Jalan Provinsi yang menghubungkan kota Makassar dengan kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan
Gambar Material jalan yang rusak akibat Truk peti kemas

    Kemacetan dan kerusakan jalan kemudian menjadi semakin berpotensi terjadi ketika supir-supir truk yang membawa peti kemas, sering memarkir truk-truk yang memuat yang dikemudikannya di sisi-sisi jalan secara tidak teratur.
Gambar Peti Kemas yang diparkir di sisi jalan

Posting Komentar untuk "Distribusi Peti Kemas Pelabuhan Makassar"